Limnoecology’s Blog

Air (Water)…

Posted on: May 21, 2009

HasMinaR racHman Fidiastuti

905342481435

Air merupakan salah satu anugrah yang sangat berarti bagi kebutuhan makhluk hidup. Namun… ternyata tidak semua orang dapat memanfaatkannya dengan baik. Di satu sisi banyak orang yang kekeringan, namun di sisi lain ada daerah yang kebanjiran dan mengalami krisis air bersih. Krisis air bersih merupakan hal yang tak terbayangkan….

Tahukah kMu bahwa…

Indonesia menempati urutan kedua setelah Tiongkok, sebagai negara dengan angka kematian diare terbanyak di Asia. Hal ini akibat masih kurangnya perhatian pada masalah sanitasi. Asian Development Bank menyebutkan, pencemaran air di Indonesia berpotensi menimbulkan kerugian Rp 45 triliun per tahun atau 2,2 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara. Program Pembangunan PBB (UNDP) menyebutkan bahwa hampir 50 persen penduduk di negara berkembang tidak memiliki akses pada sanitasi yang layak, sehingga hampir 70 persen air tanah perkotaan terkontaminasi oleh bakteri tinja yang parah.

Diare merupakan penyakit yang sungguh memprihatinkan. Diare disebabkan karena pola hidup yang tidak higienis. Dan air dapat menjadi salah satu penyebabnya. Air yang tidak bersih akan banyak mengandung bakteri COLIFORM yang menjadi perantara penyebab diare. Diare yang akut akan berakibat pada kematian.

Pencemaran air merupakan suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran. Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi. Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem. Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.

Sumber:

Anonim. 2008. Kerugian Pencemaran air di Indonesia. (Online). ( http: //www .facebook.  com/ note. php? note_ &id=15825246116& index=9).

Anonim. 2008. Pencemaran Air. (Online) (http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_air).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: