Limnoecology’s Blog

Posted on: May 21, 2009

Tugas Limnologi

Nama: Ahmad Nizarul Fanani

NIM: 406342401298

Fenomena Situ Gintung

Sebelum membahas situ gintung, ada baiknya kita mengetahui dahulu mengenai apa pengetian situ. Menurut Dept PU tentang Penataan Ruang :

Situ adalah wadah genangan air di atas permukaan tanah yang terbentuk secara alamiah dan atau air permukaan sebagai siklus hidrologi, dan merupakan salah satu bagian yang juga berperan potensial dalam kawasan lindung. Sedangkan dari sisi pengairan didefinisikan sebagai waduk yaitu bangunan untuk menampung air pada waktu terjadi surplus air di sumber air agar dapat dipakai sewaktu-waktu terjadi kekurangan air, sehingga fungsi utama waduk adalah untuk mengatur sumber air, yang termasuk jenis bangunan ini antara lain adalah:

Waduk buatan/bendungan, Waduk lapangan (pengempangan mata air), Embung (sejenis waduk kecil di NTB), Situ (sejenis waduk kecil di jawa barat).

Sedangkan Situ Gintung adalah danau kecil buatan yang terletak Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Lokasi danau ini berada di sebelah barat daya kota Jakarta. Danau seluas 21,4 ha (2008) ini telah berubah fungsi, dimanfaatkan sebagai tempat wisata taman. Awal pembentukan situ (danau) ini adalah sebagai waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan dan untuk perairan ladang pertanian di sekitarnya, dibuat antara tahun 19321933 dengan luas awal 31 ha. Kapasitas penyimpanannya mencapai 2,1 juta meter kubik. Situ ini adalah bagian dari Daerah Aliran Cisadane merupakan salah satu sungai utama Propinsi Banten dan Jawa Barat sumber berasal dari Gunung Salak dan Gunung Pangrango di (Kabupaten Bogor, sebelah selatan Kabupaten Tangerang) yang mengalir ke Laut Jawa panjang sungai ini sekitar 80 km dan bendungan aliran Kali Pesanggrahan. Di tengah-tengah situ terdapat sebuah pulau kecil yang menyambung sampai ke tepi daratan seluas kurang lebih 1,5 ha yang bernama Pulau Situ Gintung beserta hutan tanaman yang berada sekitarnya.

Namun jebolnya tanggul memporakporandakan kawasan wisata ini, Pada tanggal 27 Maret 2009 dini hari. Dari faktor internal, Situ Gintung yang dibangun Pemerintah Belanda tahun 1933 telah mengalami sejumlah degradasi. Bendungan seluas 31 hektare dengan kedalaman 10 meter saat dibangun kini hanya 21 hektare dan berkedalaman 3-4 meter. Kondisi ini tentu saja berpengaruh terhadap daya tampungnya yang semakin menurun. Namun demikian, bendungan itu seharusnya dikelola sedemikian rupa sehingga bahaya dapat diantisipasi sebelumnya.

Bencana jebolnya Situ Gintung di Ciputat, Banten, baru-baru ini bisa menjadi pelajaran yang membuka mata banyak pihak bahwa betapa perlunya situ-situ diperhatikan dan dipelihara. Sebenarnya situ bukanlah sekadar cekungan pada permukaan tanah yang kemudian terisi air. Lebih dari itu, ia memiliki fungsi utama. Setidaknya ada situ yang berfungsi menginfiltrasi air tanah, mencegah banjir, sebagai kolam perikanan, atau tempat wisata. Sayangnya, nasib situ-situ semakin hari kian merana. Penelitian Limnologi terhadap situ-situ itu bersifat holistik, baik dari aspek kualitas air, aspek hidrologi, maupun aspek perikanan. Misalnya penelitian aspek kualitas pada situ-situ di Jabodetabek, khususnya di daerah aliran sungai Cisadane, pada 2003. Penelitian ini dengan melihat status tropik (tingkat kesuburan) perairan sebagai indikator kerusakan situ.

Indikator itu terdiri atas faktor fisik, seperti kuantitas air berapa volumenya, lalu arusnya bagaimana, sedimen seperti apa. Dari segi kimianya, kita mengukur berapa oksigen terlarutnya. Lalu juga segi biologinya, seperti ikan, tumbuhan air, fitoplankton sebagai makanan ikan, bakteri, dan sebagainya.

Gambar situ gintung sebelum jebol                         gambar situ setelah jebol (sekarang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: